Poskaltim.id, Samarinda – Pemasaran produk menggunakan media internet dan media sosial saat ini sangat membantu para pengusaha kecil dan menengah dalam meraih pelanggannya. Banyak pengusaha yang terbantu dengan adanya internet dan digitalisasi.
Kemudahan menggunakan perangkat internet dan era digitalisasi membawa dampak perubahan yang cukup signifikan bagi masyarakat. Masyarakat dimudahkan dalam mengakses pengetahuan dan pengalaman baru melalui perangkat gawai tanpa dibatasi ruang dan waktu.
Internet membantu pembeli dalam memanfaatkan pencarian barang dan jasa Walaupun memiliki tantangan tersendiri bagi para pengusaha kecil yang memasarkan barang dan jasa secara terbatas.
Gejala dan problematika ini ditangkap dan diinisiasi oleh tim Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) dengan melaksanakan pelatihan penggunaan website sederhana dan blogger.
Kegiatan yang dilakukan adalah presentasi oleh dosen Program Studi Manajemen Pemasaran yang menjelaskan tentang website dan blogger. Paparan diberikan oleh pemateri kegiatan ini yang terdiri dari Della Olivia Caterina Kalangit, SST., MBA., Bapak Sarwo Eddy Wibowo, M.M. Dr. Prapdopo, SE., M.M. Pengabdian masyarakat di UMKM UMI CN Food Samarinda dilaksanakan pada 13 Oktober 2024.
Dijelaskan Della Olivia, walaupun para pengusaha kecil ini sudah akrab dengan media sosial seperti Facebook namun perlu pengetahuan mengenai website dan blogger yang lebih luas lagi jangkauan obyek pembelinya.
“Harapannya, kegiatan pengabdian masyarakat ini akan membuka pengetahuan mengenai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang tidak hanya menyajikan konten pada media sosial semata, namun pada ranah yang lebih kompleks yakni website ataupun blogger,” ujarnya.
UMKM UMI CN Food adalah usaha makanan Martabak Surban. Martabak surban atau dikenal juga dengan Roti Canay. Makanan ini kerap dijadikan makanan selingan saat di rumah ataupun saat ada acara keluarga. UMKM ini beralamat di Jalan M. Said Kelurahan Lok Bahu, Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda dengan
Olivia menjelaskan website dan blog memang kalah populer jika dibandingkan dengan media sosial sehingga pelatihan literasi digital media juga diberikan guna melengkapi bekal para pelaku UMKM agar bijak dalam informasi dan komunikasi di media sosial.
Tantangan ke depan, media informasi memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi yang jauh lebih kompleks dan dapat memilah konten atau media yang lebih efektif dalam menyampaikan informasi kepada audience.
Ketua UMKM UMI CN Food, Siti Salbiah mengucapkan terima kasih karena UMKM mereka mendapatkan pelatihan pembuatan website sederhana dan blog. Dirinya berharap, pelatihan ini membawa manfaat dalam penjualan produk Martabak Surban yang dihasilkan.
“Terima kasih kami kepada para dosen Program Studi Manajemen Pemasaran Polnes. Semoga di kemudian hari kami mendapatkan pelatihan lainnya dalam menunjang dan meningkatkan penjualan kami,” ucap Siti Salbiah.(adv)