Poskaltim.id, Samarinda — Dosen Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Samarinda (PKM Polnes) melaksanakan Pelatihan Website Sederhana, Blogger dan Media Sosial pada UMKM Harum Manis.
UMKM Harum Manis yang beralamat di Jalan M. Said Kelurahan Lok Bahu Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda, dengan produk kue kacang harum manis seperti kue pia kacang dan kacang coklat lumpur (Mudnut Chocolate).
Pengabdian kepada Masyarakat ini diselenggarakan pada 7 November 2024, dengan dosen Program Studi Manajemen Pemasaran terdiri dari M. Kiswanto, Armini Ningsih dan Christie Stephanie Piar.
Ketua tim dosen M. Kiswanto mengatakan teknologi yang semakin maju diikuti dengan akses yang begitu mudah dalam memanfaatkan pencarian barang dan jasa. Namun, memiliki tantangan tersendiri bagi para pengusaha kecil yang memasarkan barang dan jasa secara terbatas.
Gejala dan problematika ini ditangkap dan diinisiasi oleh tim Polnes dalam melaksanakan pelatihan penggunaan website sederhana dan blogger.
“Walaupun para pengusaha kecil ini sudah akrab dengan media sosial seperti facebook namun perlu pengetahuan mengenai website dan blogger yang mampu menginspirasi para pengguna dalam mendeskripsikan objek jualan,” ujarnya.
Dengan pelatihan ini harapannya masyarakat akan terbuka mengenai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang tidak hanya menyajikan konten pada media sosial semata namun pada ranah yang lebih kompleks yakni website dan blogger.
Selain itu, pemilik usaha juga dapat mengambil inspirasi dari konten-konten yang tersedia pada website dan blog yang sudah berpengalaman.
Tantangan ke depan, media informasi memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi yang jauh lebih kompleks dan dapat memilah konten atau media yang lebih efektif dalam menyampaikan informasi kepada audience. “Disamping itu sebagai sarana edukasi literasi digital agar ke depan masyarakat dapat bijak dalam menggunakan internet,” jelasnya.
Sementara itu, Pemilik UMKM Harum Manis, Siti Aisyah mengucapkan terima kasih telah mendapatkan pelatihan website dan media sosial agar penjualan UMKM dapat dijangkau oleh konsumen dimanapun berada.
“Kami ucapkan terima kasih kepada para dosen Program Studi Manajemen Pemasaran Polnes semoga pelatihan ini dapat berkelanjutan,” ucap Siti Aisyah.(adv)