Poskaltim.id, Sangatta — Berbagai upaya promosi dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim) dalam hal ini Dinas Pariwisata untuk mempromosikan obyek wisata unggulan yang dimiliki.
Salah satu upaya yang sedang gencar dilakukan adalah melakukan promosi dengan memanfaatkan media sosial (medsos).
Kepala Dinas Pariwisata Kutai Timur (Dispar Kutim) Nurullah mengatakan, ada sejumlah platform media sosial yang digunakan untuk mempromosikan wisata ini diantaranya Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, dan YouTube.
Ia menilai promosi wisata melalui media sosial dinilai efektif untuk menarik wisatawan datang ke Kabupaten Kutai Timur. Pasalnya, saat ini mayoritas masyarakat merupakan pengguna media sosial dan informasi ini bisa langsung tersampaikan.
“Kami memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan wisata di Kabupaten Kutai Timur. Ada sejumlah platform yang selama ini kami manfaatkan, seperti YouTube, Facebook, Instagram dan lain sebagainya,” ujarnya.
Menurut Nurullah, keberadaan media sosial tersebut sudah cukup bukti memberikan manfaat, dan sudah dilakukan oleh pelaku industri kreatif lainnya untuk memasarkan produknya.
Nurullah juga menyampaikan, era teknologi saat ini, kata dia, telah memudahkan masyarakat mengenalkan produknya, untuk itu menjadi kesempatan buat masyarakat agar bisa memanfaatkan teknologi internet. Seluruh potensi pariwisata daerah maupun produk ekonomi kreatif yang dimiliki masyarakat bisa dipromosikan melalui media sosial.
Ia menambahkan, nantinya ia akan bekerja sama dengan influencer agar bisa membantu Pemerintah mempromosikan wisata di Kabupaten Kutai Timur sehingga bisa menciptakan orang mau berkunjung ke Kutim.
“Adanya medsos ini sangat mempermudah kita untuk mempromosikan pariwisata disini. Banyak sekali buktinya, tidak hanya bermanfaat buat kita di Dinas, tetapi juga pelaku ekonomi kreatif lainnya,” ujarnya.(Iya/Adv.Diskominfo-Kutim)