Poskaltim.id, Kutai kartanegara – Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), berhasil menyelenggarakan pelayanan berbasis digital.
Camat Anggana, Rendra Abadi mengungkapkan salah satu pelayanan yang diberikan kepada masyarakat melalui sebuah platform digital yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada masyarakat di kecamatan setempat.
“Di kecamatan kami sudah menjalankan informasi berbasis digital, yaitu Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Jahetan Layar. KIM ini berguna untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang berada di wilayah Kecamatan Anggana,” ujar Rendra pada Kamis (2/11/2023).
Dia juga mengungkapkan, Kecamatan Anggana terus melaksanakan pelatihan kepada aparatur desa guna mengikuti tren digitalisasi.
Hal ini dilakukan karena semua sistem kerja di kecamatan ini telah diperbarui dengan pendekatan digital, bahkan tanda tangan manual pun telah diubah menjadi tanda tangan elektronik.
“Sistem kerja di Kecamatan Anggana sudah melakukan dengan cara digitalisasi semua, contohnya adalah tanda tangan saya, dari biasanya harus manual di atas kertas, kini tidak harus begitu karena sudah secara elektronik,” ungkap Rendra
Selain itu, lanjutnya, masyarakat pun telah menjalankan aplikasi Pelayanan Administrasi WhatsApp (Pandawa), sehingga sistem ini dapat mempercepat dan memudahkan masyarakat dalam mengakses berkas-berkas tertentu milik warga.
“Kita juga sudah buat aplikasi yang bernama Pandawa atau Pelayanan Administrasi dari WhatsApp. Aplikasi ini berguna untuk masyarakat, sehingga warga yang jauh tidak perlu datang ke kantor untuk administrasi, namun hanya melalui WA, maka dapat mengakses berkas-berkas tertentu,” ujar dia.
Sejumlah langkah inovatif di Kecamatan Anggana ini dapat menjadi contoh sukses dalam mengadopsi teknologi digital, untuk mempermudah akses masyarakat terhadap layanan administrasi.(yull/adv/diskominfo-kukar)