Siswa SMKN 2 Samarinda Peroleh Pelatihan Merancang Bangunan dengan Konsep Tiga Dimensi

Poskaltim.id, Samarinda –  Merancang bangunan dan gedung saat ini akan lebih baik jika menggunakan aplikasi 3D (tiga dimensi) daripada program terdahulu yang masih menggunakan konsep 2D (dua dimensi).

Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Samarinda mengadakan pelatihan ini diperuntukkan bagi bagi siswa SMKN 2 Samarinda pada tanggal hari Sabtu, 24 September 2022.

Pelatihan ini menggunakan Software Sketchup dalam merancang bangunan gedung dengan konsep 3D ini diberikan oleh  tim dosen yang  terdiri dari Ir. Daru Purbaningtyas,ST.,MT, Rafian Tistro, ST.,MT, Ashadi Putrawirawan, ST.,M.Si dan  Raudah Ahmad, SST.,M.Eng.

Ketua Pelaksana Ir. Daru Purbaningtyas, ST.,MT mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu Tri Dharma yang dilakukan oleh dosen yaitu pengabdian masyarakat. Sedangkan Tri Dharma yang lain adalah pengajaran dan penelitian.

“Ini merupakan kegiatan yang dikoordinasi oleh P3M Polnes. Harapannya melalui kegiatan ini siswa dapat meningkatkan kompetensi ketika  mendesain atau merancang sebuah gedung yang lebih lengkap lagi,” ujar Daru.

Materi pelatihan yang diberikan oleh para dosen Polnes Jurusan Teknik Sipil berisi Pengenalan Software Sketchup beserta tools, pembuatan 3D model di Sketchup, Pembuatan Denah, Tampak dan Potongan.

Ditambahkannya, peningkatan kompetensi ini diharapkan dapat menjadi salah satu pondasi bagi siswa di SMKN 2 Samarinda,  agar mampu bersaing dalam bidang jasa konstruksi setelah menyelesaikan pendidikan kelak.  

Ashadi Putrawirawan ST.,M.Sc dan Bernardo Sandrini Salasa,ST.,MT sebagai pemateri menambahkan,  dengan kegiatan ini, diharapkan siswa memperoleh tambahan pengetahuan baru terutama dalam mendesain bangunan ke dalam konsep 3D. Sehingga gambar yang dihasilkan lebih menarik dan mudah dipahami dibanding hanya dibuat dengan desain  2D (dua dimensi).

Pelatihan yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 wita sampai dengan pukul 17.00 Wita. Materi pelatihan yang diberikan berisi Pengenalan Software Sketchup beserta toolsnya, pembuatan 3D model di Sketchup, Pembuatan Denah, Tampak dan Potongan.

Kegiatan ini dilaksanakan di Laboratorium Komputer Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Samarinda. Sementara siswa yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 20 orang dan didampingi oleh Ibu Widia Nurmawati, S.Pd, selaku Ketua Paket Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan.

Kegiatan ini berjalan dengan baik dan siswa yang mengikuti kegiatan pelatihan dengan sangat antusias. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami memperoleh pengetahuan yang baru untuk mendesain bangunan. Materi yang diajarkan mudah dipahami dan mudah untuk dipraktekan. K kami berharap pelatihan seperti dapat diadakan kembali,” ujar Rafi salah satu siswa SMKN 2 Samarinda. (*/Adv)

 

 

 

About Redaksi

Check Also

Penyelidikan Tanah Pada Perencanaan Jembatan Luah Ngrebeng Desa Kedang Ipil Kutai Kartanegara

Poskaltim.id, Kutai kartanegara — Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Samarinda   melaksanakan …

Prodi Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Air Lakukan Pembersihan Saluran Tepi Jalan Gelatik Hingga Sungai Karang Mumus

Poskaltim.id, Samarinda — Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) melakukan Pengabdian kepada Masyarakat bertempat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *