Poskaltim.id, Samarinda — Kemudahan menggunakan perangkat Internet dan era digitalisasi membawa dampak perubahan yang cukup signifikan bagi masyarakat. Dengan adanya internet dan perangkat pendukungnya, masyarakat dimudahkan dalam mengakses pengetahuan dan pengalaman baru melalui perangkat gawai tanpa dibatasi ruang dan waktu.
Teknologi yang semakin maju diikuti dengan akses yang begitu mudah, dapat dimanfaatkan untuk pencarian barang dan jasa. Peluang ini memiliki tantangan tersendiri bagi para pengusaha kecil yang memasarkan barang dan jasa secara terbatas.
Gejala dan problematika ini ditangkap dan diinisiasi oleh tim dosen Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Kali pelatihan bertema Optimalisasi Promosi di Media Sosial & Platform E-Commerce pada toko retail Putri Collection.
Walaupun para pengusaha kecil ini sudah akrab dengan media sosial seperti facebook namun perlu pengetahuan mengenai pengelolaan media sosial yang mampu menginspirasi para pengguna dalam mendeskripsikan objek barang yang dijual.
Pengabdian masyarakat yang bertajuk Pelatihan Website Sederhana dan Blogger ini diselenggarakan pada 5 November 2024 yang berlokasi di Putri Collection di Jalan Bung Tomo, Kelurahan Sungai Keledang, Kota Samarinda.
Permulaan kegiatan adalah menjelaskan apa itu website dan blogger, yang dijabarkan oleh pemateri kegiatan yaitu tim yang terdiri dari Della Olivia Caterina Kalangit, SST., MBA., Sarwo Eddy Wibowo, M.M. dan Dr. Prapdopo, M.M.
“Harapan ke depan dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini, masyarakat akan terbuka mengenai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang tidak hanya menyajikan konten pada media sosial semata namun pada ranah yang lebih kompleks yakni mengelola media sosial sebagai ladang usaha,” ujar Della Olivia.
Pemilik usaha juga dapat mengambil inspirasi dari konten-konten yang tersedia pada media sosial milik usaha lain sebagai inspirasi atau yang sudah berpengalaman.
Kegiatan yang dilakukan adalah presentasi oleh dosen Prodi Manajemen Pemasaran mengenai sektor usaha kecil yang eksis saat ini dengan adanya perkembangan internet dan ragam media sosial yang efektif untuk mempromosikan produk barang dan jasa.
Tantangan ke depan, ujar Della Olivia, media informasi memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi yang jauh lebih kompleks dan dapat memilah konten atau media yang lebih efektif dalam menyampaikan informasi kepada audience.
Di samping itu sebagai sarana edukasi literasi digital agar ke depan masyarakat dapat bijak dalam menggunakan internet.(adv)