Poskaltim.id, Samarinda — Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur (Dispar Kaltim) mengapresiasi pelaksanaan Workshop Hospitality yang diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Daerah Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (DPD PUTRI) Kaltim.
Kepala Dispar Kaltim, Ahmad Herwansyah memuji gerak cepat PUTRI untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan pada Daya Tarik Wisata (DTW) atau Destinasi Wisata di seluruh Kaltim.
“Saya mewakili Pemerintah Provinsi Kaltim mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih pada DPD PUTRI. Karena, telah menyelenggarakan pelatihan ini,” ujar Herwansyah saat hadir pada Workshop Hospitality yang digelar di Rumah Ulin Arya, Samarinda pada Senin (27/2/2023).
Ia menilai pelayanan tamu pariwisata atau hospitality memiliki peranan penting dalam pengembangan pariwisata daerah. Untuk itu diperlukan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) untuk meningkatkan kualitas wisata di Kaltim yang berjuluk dengan Bumi Etam.
“Pelayanan di DTW itu penting sekali bagi kemajuan pariwisata Kaltim. Jadi pelayanan sejak dari tamu masuk, itu kita harus ramah, mengarahkan mau ke mana, sampai mengantar tamu keluar,” terang Herwansyah yang akrab disapa Iwan ini.
Usai pelatihan ini, Dispar Kaltim akan memfasilitasi sertifikasi bagi pekerja di sektor pariwisata. Pelatihan ini sebagai bentuk komitmen peningkatan kualitas SDM di bidang pariwisata.
“Karena DPD PUTRI sudah menggelar pelatihan pelayanan, nanti sertifikasinya biar dari Dispar Kaltim. Jadi setelah dilatih, adik-adik itu harus diberi sertifikasi keahlian sesuai bidang yang dipelajarinya,” tuturnya.
Workshop hospitality sendiri digelar oleh DPD PUTRI Kaltim dan diikuti sebanyak 43 pegawai destinasi dari Samarinda, Bontang, Kutai Timur (Kutim) dan Kutai Kartanegara (Kukar).
Sementara itu, materi pelatihan diisi oleh empat pemateri dari eksternal dan internal PUTRI. Pelatihan ini mengangkat tema “Customer Service Excellent, Personal Branding, Public Speaking for Tourism Industry dan Corporate Service”.
Pada kesempatan yang sama, Ketua DPD PUTRI Kaltim, Dian Rosita menjelaskan pelatihan ini adalah upaya untuk mewujudkan cita-cita PUTRI Kaltim, untuk tumbuh besar dan kuat secara bersama-sama.
“Pesertanya adalah pekerja pariwisata, karena merekalah yang menjadi ujung tombak destinasi sektor pariwisata yang berhadapan langsung dengan tamu,” ucapnya.
Workshop hospitality dibuka untuk seluruh destinasi di bawah naungan PUTRI Kaltim. Dian berharap, setelah pelatihan ini seluruh peserta destinasi wisata dapat menerapkan pelayanan prima.(adv/kominfokaltim)