Poskaltim.id, Kutai Kartanegara — Tingkat kunjungan pelayanan administrasi dan kependudukan (adminduk) di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Kutai Kartanegara (MPP Kukar) mencapai 260 orang. Hal ini merupakan tingkat kunjungan tertinggi daripada Kabupaten/Kota lainnya se Kaltim.
Namun selama bulan Ramadan, kunjungan dapat dipastikan akan lebih sedikit karena banyak pengunjung yang lebih banyak berada di rumah dan jam pelayanan yang dibatasi.
Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kukar Muhammad Iryanto, pada Rabu (27/03/2024).
Ia menjelaskan tingkat kunjungan pada pelayanan adminduk di MPP juga mendapat apresiasi dari Kemenpan RB karena telah berhasil meraih penghargaan ke-4 tingkat nasional pada 2023 lalu.
“Ibaratnya kita baru terjun tapi sudah berhasil meraih penghargaan 4 terbaik tingkat nasional atau se-Indonesia,” ujarnya.
Keberhasilan ini memang tak serta merta dapat dicapai, namun berbagai upaya telah dilakukan agar pelayanan adminduk berjalan maksimal.
Diakui Iriyanto, pihaknya terus komitmen terus memaksimalkan pelayanan yang ada, supaya masyarakat Kukar merasa nyaman dan puas dengan pelayanan tersebut.
Ia juga menyebutkan, jika ditotal dengan kunjungan secara daring atau online yang dibantu dengan petugas narahubung Disdukcapil di setiap desa atau kelurahan.
“Yang melalui online atau dibantu dengan petugas narahubung sekitar 750 orang dan yang datang secara langsung ke MPP sekitar 260 orang,” ucapnya.
Sementara untuk pelayanan di Disdukcapil sifatnya hanya back office atau melayani melalui petugas narahubung atau online secara mandiri.
“Kami di MPP memiliki 23 layanan diantaranya yakni, pembuatan KTP elektronik, penerbitan akta kelahiran atau kematian, mengurus nikah dan lainnya,” tutupnya.(yul/adv/diskominfo-kukar)