Breaking News

Youth of Indonesia Festival Menjaga Kearifan Lokal Sebagai Kebanggaan Pemuda

Poskaltim.id, Samarinda —  Kegiatan Youth of Indonesia Festival 2024 digelar di Kota Samarinda, Kalimantan Timur  diikuti 30 peserta baik perorangan maupun kelompok pelajar dan mahasiswa. Kegiatan yang diinisiasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan FKPT Kaltim ini diselenggarakan di Pusat Perbelanjaan Samarinda Square Lantai IV pada Senin (20/5/2024).

Keluar sebagai juara masing-masing juara terbaik untuk tari dan lagu, juara pertama diraih kelompok Trio Mandau SMPN 3 Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara, juara kedua diraih penyanyi Nia Karunia yang membawakan lagu berjudul “Burung Enggang” serta juara ketiga diraih kelompok Tari Spansa Etam SMPN 1 Samarinda.

Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT,  Kol. Sus. Dr. Harianto, S.Pd, M.Pd mengatakan dengan kegiatan  Youth of Indonesia Festival 2024 akan mampu mewadahi potensi yang dimiliki para pemuda di Kaltim.

“Diharapkan akan muncul kecintaan terhadap seni dan budaya  di Kalimantan Timur, apakah seni tari, seni sastra ataupun seni panggung yang memberikan ciri lokalitas Kaltim,” ucapnya.

Sebelum pembukaan acara, dilaksanakan podcast dengan narasumber Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT,  Kol. Sus. Dr. Harianto, S.Pd, M.Pd  dan Ketua FKPT Kaltim Ahmad Jubaidi.

Ditambahkan, bahwa bangsa Indonesia direkatkan dengan Bhineka Tunggal Ika dan ideologi kebangsaan Pancasila dan dalam Kesatuan Republik Indonesia.

Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT,  Kol. Sus. Dr. Harianto, S.Pd, M.Pd  saat memberikan sambutan pada acara Youth of Indonesia Festival 2024 di Samarinda, pada Senin (20/5/2024).

Pemuda adalah agen perubahan, pemuda harus menjadi teladan dalam menyampaikan informasi dan selalu bersikap terbuka terdapat sudut pandang,  termasuk lebih sadar dan tanggap terhadap isu terorisme.

“Artinya keberlangsungan tegaknya negara Republik Indonesia tidak hanya berada di sebagian kita tetapi para pemudalah yang nantinya yang menjadi tulang punggung kelangsungan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Melalui Youth of Indonesia Festival dengan tema Pemuda Mandiri Berkarya untuk Negeri, akan mampu memberikan pesan dan kesan yang mendalam dalam melestarikan budaya-budaya Kaltim untuk mewadahi negara hadir, anak-anak muda hadir dalam menyongsong Ibu Kota Negara di Kaltim.

“Youth of Indonesia di FKPT Kaltim merupakan wujud nyata dari semangat kebersamaan pemuda Indonesia, melalui kegiatan ini kami berharap dapat menginspirasi pemuda untuk bersatu, berkolaborasi dan berkontribusi positif untuk kemajuan bangsa dan pencegahan terorisme,” ujar Harianto.

Podcast sebelum dimulainya gelaran Youth of Indonesia Festival 2024 di Samarinda dengan narasumber Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT,  Kol. Sus. Dr. Harianto, S.Pd, M.Pd  dan Ketua FKPT Kaltim Ahmad Jubaidi.

Sementara itu, Ketua FKPT Kaltim Ahmad Jubaidi mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah membangkitkan rasa kebangsaan, rasa patriotisme  dan mencintai negeri ini.

“Selain itu, memberikan pemahaman kepada pemuda akan pentingnya kearifan lokal  dalam menjaga kesatuan bangsa dengan nilai-nilai luhur bangsa,” ucapnya.

Kegiatan Youth of Indonesia ini mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah yaitu Kesbangpol Kaltim, Kesbangpol Kota Samarinda, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta masyarakat pelaku kreatif budaya lokal. Kegiatan ini dilaksanakan di 34 FKPT di seluruh Indonesia selama tahun 2024 kerjasama BNPT dan FKPT.

Ketiga juara tingkat Kaltim ini nantinya akan mengirimkan video terbaik penampilan mereka untuk dinilai oleh juri tingkat nasional. BNPT akan memilih tiga nominasi juara terbaik nasional yang akan diumumkan pada Desember 2024 mendatang.(yul)

 

About Redaksi

Check Also

Akmal Malik panen Perdana Sumber Benih Padi

Poskaltim.id, Kutai Kartanegara —  Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik didampingi Kepala Dinas pangan …

Ika Pakarti Kaltim Gelar Halal Bihalal

Poskaltim.id, Samarinda — Keluarga besar Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (Ika Pakarti) menggelar acara halal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *