Virtual Expo 2021 Bangun Kesadaran Digitalisasi Keuangan

Poskaltim.id, Samarinda — Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kaltim terus mendorong inklusi ekonomi yang diharapkan dapat berdampak pada Usaha Menengah-Kecil dan Mikro (UMKM). 

“Kita ingin bagaimana inklusi keuangan juga mengajak UMKM masuk ke sektor-sektor keuangan. Sehingga kita dapat mendorong digitalisasi ekonomi dan keuangan  yang lebih efisien. Salah satu caranya adalah dengan digitalisasi keuaangan melalui Quick Respon Indonesian Standard (QRIS)

“QRIS Kaltim perkembangannya paling cepat di Kalimantan. Pertumbuhan rata-ratanya di atas nasional dan di atas Kalimantan pada umumnya. Provinsi Kaltim adalah satu diantara empat provinsi di Indonesia kategorinya sangat baik atau hijau. Artinya masyarakat Kaltim sudah sangat siap menghadapi digitalisasi.”

Dikatakan Tutuk, digitalisasi tidak saja bagi UMKM tetapi juga pemerintah. Digitalisasi dapat berujung pada kesehatan fiskal pemerintah untuk peningkatan PAD dan efisiensi ekonomi. 

Peran edukasi masih terbuka lebar tentang digitalisasi ini. Masyarakat Kaltim perlu mendapatkan edukasi agar masyarakat lebih peduli dan bangga ketika menggunakan pembayaran non tunai.

QRIS adalah fitur pembayaran digital non tunai  yang harus digalakkan keduanya. Ada 29 bank di Kaltim yang hadir menyemarakkan Virtual Expo 2021 ini. 

Dengan virtual expo ini nantinya diharapkan beberapa kegiatan perbankkan dapat dilakukan dari rumah selama setahun penuh oleh 23 penyelenggara QRIS  baik dari perbankkan pemerintah ataupun swasta. Wxpo kali ini akan tersedia selama 24 jam non stop selama 1 tahun.

“Kita coba, kalau ini bagus dan akan terus ditingkatkan maka kita akan buka kembali dengan menggandeng laman kerjasamanya adalah www.laminetam.id,” jelas Tutuk.

Dalam inklusi keuangan, BI Kaltim bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang telah memiliki Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD).

Dengan tema “BI FITRAH” atau Bulan Inspirasi Festival QRIS dan Cinta diharapkan rangkaian edukasi selama bulan Ramadhan 2021 ini dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran terhadap digitalisasi keuangan masyarakat dan pemerintah.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Festival Ekonomi dan Keuangan Digital (FEKDI) yang telah dilaksanakan pada 5-8 April 2021.

Virtual Banking dan QRIS Expo 2021 tersebut merupakan bentuk kolaborasi antara Bank Indonesia bersama dengan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) dan Penyelenggara QRIS Kalimantan Timur. 

Sebagai rangkaian program dan guna meningkatkan experience penggunaan non-tunai di Kalimantan Timur juga akan dilaksanakan berbagai kegiatan selama bulan Ramadhan seperti QRIS Komunitas Award untuk menjaring komunitas menjadi merchant QRIS.

Bazar QRIS Drive Thru berupa pengalaman berbelanja menggunakan QRIS secara online melalui minishop.id, serta QRIS Transaction Awards di lingkungan Pemda dan Pasar Citra Niaga. (Yuliawan Andrianto)

About Redaksi

Check Also

Potensi Pariwisata Maritim Berau Ditawarkan di Regional Investment Forum

Poskaltim.id, Bali – Sektor pariwisata yang dimiliki oleh Provinsi Kalimantan Timur sangatlah eksotis. Pariwisata minat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *