Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik memimpin penanaman 1.000 bibit pohon pisang kepok grecek bertempat di km 24 Jalan Soekarno Hatta Balikpapan Utara, pada Sabtu (15/6/2024).

Seribu Pohon Pisang Kepok Ditanam Serentak di Balikpapan Utara

Poskaltim.id, Balikpapan – Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik memimpin penanaman 1.000 bibit pohon pisang kepok grecek bertempat di km 24 Jalan Soekarno Hatta Balikpapan Utara, pada Sabtu (15/6/2024).

Pohon pisang kepok ini merupakan varietas asli dari Kabupaten Kutai Timur yang telah diseleksi oleh tim dari Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim. Kata “grecek” berasal dari bahasa Kutai yang berarti “bagus atau cantik”.

Aksi penanaman pohon ini disebutkan Pj Gubernur Akmal Malik  untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo agar daerah-daerah sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN) membantu menyiapkan ketersediaan pangan untuk ibu kota baru Indonesia.

“Sore ini saya berada di km 24 di lokasi Pak Haji dan kawan-kawan. Kita menanam 1.000 bibit pisang kepok grecek. Mudah-mudahan hasilnya bagus,” ujar Pj Gubernur Akmal Malik di lokasi penanaman bibit pisang.

Namun tak mudah untuk Pj Gubernur Akmal Malik dan rombongan bisa sampai ke lokasi penanaman, sebab jalan tanah menjadi licin setelah diguyur hujan. Pj Gubernur Akmal Malik bahkan harus turun dari kendaraan untuk mengendarai motor trail agar bisa sampai ke lokasi.

“Lokasi ini hanya 6 km dari Titik Nol IKN. Kita akan mengoptimalkan pangan, salah satunya melalui tanaman pisang,”  imbuhnya.

Penanaman 1.000 bibit pisang kepok grecek itu akan dilakukan oleh kelompok tani setempat. Akmal berpesan agar jika ternyata produksinya bagus, maka para petani juga harus mampu mengolah pisang itu menjadi produk bernilai tambah.

“Seperti desa-desa di Kutai Timur, mereka mampu mengolah pisang kepok grecek ini menjadi produk ekspor bernilai ekonomi tinggi,” pesan Akmal.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim Siti Farisyah Yana  mengatakan potensi pengembangan area penanaman pisang kepok grecek yang banyak diminati beberapa negara dunia itu masih sangat terbuka.

 “Kita punya potensi besar untuk penanaman pisang kepok grecek di lokasi-lokasi eks tambang,”  ujarnya.(yul/adpimprov-kaltim)

About Redaksi

Check Also

BI Kaltim Perkuat Pemahaman Rupiah pada Guru di Samarinda

Poskaltim.id, Samarinda – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur (KPw BI Kaltim) memperkuat Pemahaman …

Pj. Gubernur Kaltim Hadiri Penutupan Festival Budaya Pampang

Poskaltim.id, Samarinda – Acara Penutupan Perayaan Festival Budaya Pampang dalam rangka HUT ke-51 dan Pesta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *