Presiden RI Resmikan Pembukaan PON XX Papua

Poskaltim.id, Samarinda – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo membuka Pekan Olahraga Nasional XX Papua (PON XX Papua) pada Sabtu (2/10/21). Acara pembukaan yang berlangsung di Stadion Lukas Enembe, disiarkan beberapa stasiun televisi nasional ini berlangsung meriah dengan balutan adat budaya Papua.

Joko Widodo (Jokowi) menekan sirine yang diiringi dengan menyalanya api PON XX Papua yang akan terus menyala hingga PON ini berakhir 15 Oktober 2021.  Penyelenggaraan PON pertama di Indonesia Timur ini berlangsung di empat  lokasi yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika.

PON ini mempertandingkan 679 nomor pertandingan, 37 cabang olahraga dan diikuti oleh 6.116 atlet tamu dari 33 provinsi di Indonesia serta 923  atlet tuan rumah dari Provinsi Papua.  Panitia PON XX menyediakan 681 medali emas, 681 medali perak , dan  877 medali perunggu.

Presiden Joko Widodo berpesan agar PON XX Papua menjadi panggung persatuan, kebersamaan,  persaudaraan, kesetaraan, kesejahteraan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

PON Papua, ujar Jokowi bukanlah salah satu simbol kemajuan Papua, tetapi pemerintah terus mengembangkan dan meningkatkan pembangunan di Papua. Konektivitas jalan, pelabuhan laut dan pembangunan SDM menjadi kemajuan Papua untuk masa depan.

“Prestasi anak muda dan atlet Papua harus terus dipupuk dan ditingkatkan dan harus diikuti oleh anak-anak muda Papua lainnya. Tidak  saja dalam dunia olahraga tetapi juga dalam dunia seni,” ujar Jokowi.(*)

About Redaksi

Check Also

HUT RI Ke-77, Sebanyak 40 Narapidana Kasus Teroris Ikrar Setia NKRI

Poskaltim.id, Bogor —  Menyambut HUT RI ke-77, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Direktorat Jenderal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *