Breaking News

Pengabdian Desa melalui Pengembangan Kapasitas SDM Pokdarwis Mentari Bangun Rejo

Poskaltim.id, KUKAR — Kapasitas sumber daya manusia (SDM) digambarkan sebagai sebuah perangkat brainware dalam komputer yang peranannya merupakan roh dari kehidupan organisasi seperti halnya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

SDM dengan kapasitas unggul akan melahirkan program-program yang unggul dengan hasil yang unggul pula. Selain itu akan mampu mewariskan keunggulan tersebut kepada generasi setelahnya.

Sehingga posisi SDM ini sangat penting dalam pembangunan dan pengembangan pariwisata berkelanjutan di Kawasan Wisata Bangun Rejo, Kabupaten Kutai Kartanegara. Mengingat pentingnya posisi SDM dalam struktur organisasi Pokdarwis Mentari Bangun Rejo (Pokdarwis MBR).

Maka tim pengabdian dosen Polnes berinisiatif untuk melakukan Pelatihan Pengembangan Kapasitas SDM Pokdarwis Mentari Bangun Rejo dengan tujuan memberikan motivasi untuk selalu melakukan pengembangan diri para anggotanya.

Proses pengembangan kawasan Wisata Bukit Mahoni ini didampingi oleh para dosen Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) yang dilakukan secara bertahap melalui survey potensi wisata.

Selain itu peserta pelatihan membutuhkan beberapa materi seperti, pemandu wisata, administratif desa wisata, inventarisasi daya tarik wisata, public speaking, homestay, kuliner, pelaku kreatif, dan lain-lain.

Ketua Pengabdian Desa Anton Nurcahyo  didampingi  Eman Sukmana sebagai anggota pelaksana  kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Keduanya merupakan dosen tetap di Prodi D4 Usaha Perjalanan Wisata Polnes.

Rencana yang sedang digarap ialah penjadwalan pelatihan pengembangan kapasitas SDM Pokdarwis MBR secara rutin. Disamping  membuka diri atas apa yang akan diperoleh dan bantuan yang diharapkan dari semua pemangku kepentingan  yang hadir.

Dengan pelatihan ini diharapkan anggota Pokdarwis MBR dan masyarakat yang berada di sekitar kawasan Bukit Mahoni mampu mengembangkan diri secara ikhlas.

“Harapannya kegiatan pengabdian dapat berlangsung secara kontinu antara akademisi dan masyarakat,” ujar Anton Nurcahyo.(*/adv)

 

About Redaksi

Check Also

Jurusan Pariwisata POLNES Menyasar Pelatihan Keamanan Pangan Industri Rumah Tangga

Poskaltim.id, Samarinda — Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Samarinda (POLNES) fokus pada pengembangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *