Peluncuran Rumah Teknologi, Destinasi Baru Kota Cerdas Nusantara

Poskaltim.id, Sepaku, PPU —  Kepala  Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono, membuka Rumah Teknologi dalam kegiatan Peluncuran Techno House (Rumah Teknologi) Nusantara  pada Kamis (17/8/2023),

Peluncuran Rumah Teknoligi ini bersamaan dengan momen perayaan Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di lokasi Rumah Teknologi d/h Rumah Dinas Bupati Penajam Paser Utara.

Sebagai perwujudan perencanaan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai kota cerdas, Rumah Teknologi merupakan destinasi edukasi mengenai konsep dan perkembangan IKN sekaligus wadah dilakukan berbagai pameran dan proof of concept/implementasi konsep teknologi yang dapat diaplikasikan sebagai wujud Kota Cerdas Nusantara.

Pengunjung disuguhi dengan pameran informatif mengenai gambaran pembangunan IKN ke depan yang dikemas dengan desain artistik dan teknologi interaktif.

Informasi mengenai visi, prinsip, dan elemen pembangunan disampaikan sebagai pembuka pameran. Kemudian, berbagai teknologi yang berkaitan dengan domain Kota Cerdas Nusantara; dari smart energy system, smart building control, smart home appliances dan robot, hingga konsep mobilitas udara masa depan atau sky taxi dapat dilihat dan dipelajari oleh pengunjung.

Dalam kegiatan Peluncuran Rumah Teknologi Nusantara, Kepala OIKN didampingi oleh jajaran Deputi OIKN, yang mengunjungi area pameran teknologi dan berdialog dengan perusahaan teknologi bertaraf internasional.

Kepala OIKN menjelaskan pengembangan Nusantara sebagai Kota Cerdas bertujuan untuk menciptakan kota yang tangguh dan berkelanjutan melalui peningkatan efisiensi dan efektivitas layanan perkotaan dengan pemanfaatan teknologi.

Fasilitas Rumah Teknologi Nusantara ini direncanakan akan dibuka untuk umum mulai September 2023. Deputi Transformasi Hijau dan Digital OIKN Prof. Ali Berawi menambahkan melalui proof of concept atau showcase pada fasilitas Techno House ini dapat memberikan gambaran bagi publik mengenai pemanfaatan teknologi yang dibangun di IKN sebagai kota yang modern untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.(*)

 

 

About Redaksi

Check Also

BI Kaltim Perkuat Pemahaman Rupiah pada Guru di Samarinda

Poskaltim.id, Samarinda – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur (KPw BI Kaltim) memperkuat Pemahaman …

Pj. Gubernur Kaltim Hadiri Penutupan Festival Budaya Pampang

Poskaltim.id, Samarinda – Acara Penutupan Perayaan Festival Budaya Pampang dalam rangka HUT ke-51 dan Pesta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *