Otorita IKN Yakinkan Daerah Terus Berkembang Bersama

Poskaltim.id, Tenggarong —  Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Achmad Jaka Santos Adiwidjaya menghadiri Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan IKN yang digelar di Kantor Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur pada Selasa (09/01/2024).

Achmad Jaka Santos Adiwidjaya mengatakan Kabupaten Kukar menyambut baik silaturahmi ini sekaligus semakin mempererat komunikasi kepada daerah mitra IKN. Pertemuan ini juga membahas kewenangan apa saja yang dimiliki oleh pemerintah Kabupaten Kukar pada masa transisi sebelum Otorita IKN menjadi Pemdasus.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah memaparkan telah mempersiapkan penataan wilayah yang beririsan dengan IKN namun membutuhkan kejelasan sejauh mana kewenangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar dan kewenangan OIKN untuk menyelesaikan masalah administratif bagi masyarakatnya agar pelayanan tetap optimal.

Ia juga menyampaikan mengenai pembicaraan yang lebih detail mengenai pengalihan aset, sumber daya manusia, dan pengelolaan sumber daya alam yang akan beralih dari Kab Kukar ke IKN.

Menjawab hal tersebut, Sekretaris Otorita IKN Achmad Jaka Santos Adiwidjaya menyampaikan Otorita IKN tetap menjalankan fungsinya sesuai UU Nomor 3 Tahun 2022 melakukan persiapan, pembangunan, pemindahan serta penyelenggaraan pemerintah daerah khusus dan Pemkab Kukar tetap melaksanakan urusan pemerintahan masing-masing.

Sekretaris Jaka juga menjelaskan nanti daerah mitra IKN tidak akan ada yang tertinggal, produksi pangan daerah mitra Nusantara akan diberikan dorongan insentif seperti kawasan pergudangan, akses transit produksi pertanian daerah, dan akses transportasi bahkan yang sampai dekat pelabuhan.

“Kutai Kartanegara ini mengembangkan visi pemerintahan yang  mengedepankan aspek  pembangunan yang berkelanjutan. Hal ini sesuai dengan visi Otorita IKN sehingga untuk mengembangkan daerah mitra ini sudah ada platform dasarnya,” ujar Sekretaris Jaka.(*)

 

About Redaksi

Check Also

HUT Samarinda, Samarinda Illustration Fair 2024 Kembali Digelar

Poskaltim.id, Samarinda – Dalam rangkaian Hari Ulang Tahun Kalimantan Timur dan Kota Samarinda, Samarinda Design …

Konfercab HMI Cabang Samarinda Ke-38 Tetapkan Mitra Setiawan Sebagai Nahkoda Baru

Poskaltim.id. Samarinda – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Samarinda secara resmi telah memiliki Ketua Umum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *