Wabup Kukar, Rendi Solihin (kanan) saat meninjau program peningkatan infrastruktur jalan dan menyempatkan diri untuk menyambangi kelompok tani di Desa Beringin Agung.

Kunjungan Wabup ke Samboja, Pemkab Kukar Komitmen Sejahterakan Petani

Poskaltim.id, Tenggarong — Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin mengatakan komitmen Bupati Edi Damansyah dan dirinya sebagai Wakil Bupati Kukar terus berkomitmen untuk meningkatkan pendapatan ekonomi petani.

Hl tersebut disampaikan Rendi di depan para masyarakat Desa Beringin Agung, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, yang mayoritas adalah petani.

“Bantuan pertanian merupakan wujud nyata komitmen saya dan  Pak Edi Damansyah untuk sejahterakan [petani di seluruh Kabupaten Kutai Kartanegara,” ujarnya pada Senin (31/7/2023).

Wabup Kukar Rendi Solihin saat meninjau program peningkatan infrastruktur jalan dan menyempatkan diri untuk menyambangi kelompok tani di Desa Beringin Agung. Ia juga sekaligus menyerahkan bantuan alat semprot (hand sprayer) untuk para petani di desa tersebut.

Menurut Wabup Rendi,  berbagai bantuan yang ini diberikan oleh Pemkab Kukar sebagai  upaya meningkatkan produktivitas dan meringankan beban petani dalam memproduksi bahan pertanian di Desa Beringin Agung.

“Saya harap bantuan ini mampu mendorong peningkatan produksi pertanian, hingga berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan petani di Kukar,” ujarnya.

Dalam proses peningkatan produksi, dibutuhkan peralatan dan sarana pertanian lainnya seperti pupuk dan alat pembasmi hama lainnya. Dengan meningkatnya kualitas produk pertanian terutama produktivitas pertanian tanaman pangan, maka akan meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.

“Dengan meningkatnya produksi maka akan meningkat pula pendapatan ekonomi dan taraf hidup petani,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Desa Beringin Agung, Jazuli, mengaku sangat terbantu dengan berbagai peralatan yang diberikan. Mewakili para petani, Jazuli mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Kutai Kartanegara yang telah peduli kepada para petani di wilayah pesisir Kukar.

Menurutnya, kelompok tani di Desa Beringin Agung cukup sering mendapat bantuan pertanian. Diakuinya belum lama ini, petani di desanya mendapat bantuan berupa 4 ton pupuk granul dan 1 ton pupuk organik cair.

“Kami petani di Desa Beringin Agung sangat mengapresiasi Pemkab Kukar. Pak Wakil Bupati juga sangat peduli dengan petani dan desa ini,” ucap Jazuli.

Dirinya berharap, Pemkab Kutai Kartanegara lebih meningkatkan kepedulian terhadap petani di Kukar. Ia pun mengusulkan adanya peningkatan jalan usaha tani di Desa Beringin Agung.

“Petani mengusulkan untuk peningkatan jalan usaha tani dan bantuan traktor. Semoga saja, kepedulian Pemkab Kukar bisa lebih meningkat agar petani benar-benar sejahtera,” ujar Jazuli. (*)

About Redaksi

Check Also

Ketua TP PKK Kukar Resmikan Posyandu Remaja di Muara Wis

Poskaltim.id, Kutai Kartanegara — Ketua Tim Penggerak PKK Kutai Kartanegara Maslianawati Edi Damansyah meresmikan Posyandu …

Pelaku Kekerasan Seksual Sasar Pengguna Media Sosial

Poskaltim.id, Jakarta — Ketua Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Kalimantan Timur Tri Wahyuni menghadiri workshop …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *