Breaking News
Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal.

Kaltim Peringkat Ketiga Nasional Tentang Literasi Digital Indonesia 2022

Poskaltim.id, Samarinda – Provinsi Kalimantan Timur mencatatkan prestasi atas pencapaian peringkat ke tiga nasional dalam hal literasi digital. Hal tersebut berdasarkan Survei Status Literasi Digital Indonesia Tahun 2022.

Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal saat menyampaikan materi dalam kegiatan Pelatihan Pelayanan Publik Berbasis IT Bagi ASN di lingkungan Pemprov Kaltim pada Selasa (5/9/2023).

“Indeks Literasi Digital di Provinsi Kaltim itu sudah peringkat ketiga nasional dalam dua tahun terakhir. Ini kan prestasi. Masyarakat kita sudah melek digital. Jadi pemerintahnya juga harus lebih digital,” tegas Faisal di hadapan para ASN yang hadir dalam pelatihan tersebut.

Praktisi Humas Pemerintahan ini menjelaskan, ada empat pilar literasi digital yang harus dipahami dan diimplementasikan oleh ASN. Empat pilar literasi digital tersebut di antaranya adalah digital skills, digital culture, digital ethics dan digital safety.

Digital skill mencakup tentang kemampuan atau kecakapan untuk memanfaatkan media digital dalam kehidupan sehari-hari. Digital culture atau budaya digital terkait wawasan kebangsaan dalam berinteraksi di ruang digital, digital ethics atau etika digital terkait menjaga sikap dan menyesuaikan diri untuk tetap rasional, serta digital safety yang mencakup keamanan informasi.

“Jadi menggunakan. digital itu tidak hanya sekedar bisa main hape (smartphone) atau medsos (media sosial). Tapi juga paham literasi. Dalam dunia digital itu, ada etikanya. Jangan suka bohong di dunia maya tapi jujur di dunia nyata, begitupun sebaliknya,” ungkap Faisal.

Adapun dalam pengembangan digitalisasi ASN, kompetensi literasi digital diharapkan dapat meningkatkan kinerja, menjadi dasar dalam setiap pengambilan keputusan, serta menghadirkan layanan.(*/adv)

About Redaksi

Check Also

Hetifah Katakan Jika Kompetensi Guru Jadi Hulu Proses Pembelajaran

Poskaltim.id, Samarinda –– Wakil Ketua Komisi X DPR RI daerah pemilihan Provinsi Kalimantan Timur, Hetifah …

Wujudkan Sinergitas, Karantina Kaltim Gelar Patroli Bersama

Poskaltim.id, Samarinda — Balai Besar Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan (BBKHIT) Kalimantan Timur,  Satuan Pelayanan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *