Jokowi Harap Kantor Kodim IKN Jadi Contoh Kodim Di Indonesia

Poskaltim.id, Sepaku — Presiden RI Joko Widodo berharap Kantor Komando Distrik Militer (Kodim) di Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi contoh dan patokan kantor kodim se Indonesia.

“Saya titip satu yang berkaitan desain, visi ke depan, modern dan konsepnya green building. Sehingga nanti kodim yang lain di tanah air bisa melihat bangunan kodim di IKN ini sebagai contoh dan patokan,” kata Presiden Jokowo saat memberikan sambutan pada ground breaking pembangunan Kantor Kodim di IKN, di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kamis 21 Desember 2023.

Presiden berharap pembangunan kantor Kodim IKN juga harus diselaraskan dengan visi IKN sebagai forest city. Kawasannya harus hijau, dan lingkungan juga harus dijaga tetap hijau.

“Saya lihat lingkungan di sini cukup hijau, jangan sampai pohon yang sangat bagus ini ditebang. Kalau bisa dihindari,” harap Jokowi.

Sebagai ibu kota negara dan pusat pemerintahan, IKN lanjut Jokowi adalah  proyek vital nasional strategis yang harus dipastikan keamanannya.

Keberadaan Kodim IKN yang bertipe A akan melakukan tugas-tugas pengamanan di ibu kota negara serta mendukung dan melindungi IKN dari gangguan dan ancaman.

Panglima TNI Jendral Agus Subiyanto mengatakan, sesuai rencana strategis dan induk IKN, TNI memiliki konsep dan satuan yang tidak hanya tergelar kawasan inti IKN dan KIPP tetapi juga kawasan pengembangan IKN dan kawasan luar IKN, sebagai satu kesatuan sistem ketahanan ibu kota negara.

“TNI AD juga berencana melakukan pembentukan satuan-satuan khusus IKN sebagai lokasi terbesar,” ujar Panglima.

TNI AL , lanjutnya, direncanakan juga membentuk satuan-satuan baru, komando daerah maritim dan pangkalan utama angkatan laut.

“Termasuk juga relokasi Mabes AL dan satuan kapal,” imbuh Panglima Agus Subiyanto.

Sementara TNI AU akan membangun lapangan udara, skuadron dan satuan lainnya.

Terkait pembangunan Kantor Kodim IKN, Agus menjelaskan Markas Kodim IKN, memiliki area keseluruhan seluas 3,29 hektar. Terdiri kantor Makodim, hunian personil, gudang amunisi, aula dan masjid.

“Kodim ini bertipe A nantinya langsung dibawah kendali komando Pangdam VI Mulawarman,” jelas Panglima.

Kodim IKN, tambahnya, akan menerapkan konsep green building dan energi terbarukan selain juga menggunakan arsitektur yang mengacu pada prinsip forest city pada hunian prajurit.

“Konsep ini sesuai dengan arahan Presiden. Harapan saya beroperasinya Kodim ini memberi keamanan dan kelancaran pembangunan di IKN,” tutupnya.

Turut mendampingi dalam groundbreaking itu, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Mensesneg Pratikno, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Danrem 091 Aji Surya Natakesuma Brigjen TNI Yudhi Prasetiyo.(adpimprovkaltim)

About Redaksi

Check Also

Kejati Kaltim Amankan Rp 25 Triliun dari Proyek Strategis Selama 2023

Poskaltim.id, Samarinda — Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kaltim melalui bidang Intelijen di tahun 2023 melakukan Pengamanan …

BPK Kaltim Menilai Pimpinan dan Pejabat di Kaltim Memiliki Komitmen Menindaklanjuti Rekomendasi BPK

Poskaltim.id, Samarinda –  Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim)  mengadakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *