Breaking News

Guru Akuntansi SMK di Kutai Timur Dibekali Dasar Accurate Accounting v.5

Poskaltim.id, Sanggata — Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda menggelar Pelatihan Dasar Metode Pembelajaran Software Accurate Accounting v.5 bagi Guru bidang Akuntansi SMK se Kabupaten Kutai Timur  di Sangatta pada Kamis (25/11/2021) bertempat di ruang Multimedia SMKN 1 Sangatta Utara.

Ketua Jurusan Akuntansi Polnes Dr. Sudarlan, S.E., M.T yang didampingi oleh Sekretaris Jurusan, Kaprodi dan Ketua Lab Akuntansi menjelaskan jika pelatihan Dasar Metode Pembelajaran Software Accurate Accounting v.5 diberikan kepada 11 orang guru Bidang Akuntansi.

Ditambahkannya, POLNES memberikan pelatihan yang dipandu oleh Instruktur Komputer Akuntansi ACCURATE POLNES, Ibrahim Musa, S.E, M.Bus dan dibantu oleh beberapa pendamping yaitu Zulfikar, S.E.,MSA (Humbis), Eko Adi Widyanto, S.E., MSA  dan Sailawati, S.S.T., M.Sc sebagai pendamping tutor.

“Tim PKM Jurusan Akuntansi terbuka bagi rekan guru, dosen dan pelaku UMKM, Koperasi serta Lembaga lainnya yang ingin bekerjasama dengan Jurusan Akuntansi Polnes dalam rangka pelatihan dan implementasi Aplikasi Accurate Accounting di masa mendatang,” jelas Dr. Sudarlan.

Instruktur Komputer Akuntansi ACCURATE POLNES, Ibrahim Musa, S.E, M.Bus mengatakan tujuan penandatanganan MoU dan pelatihan ini adalah untuk menjalin Kerjasama bidang Tri Dharma PT dan sebagai wujud tanggung jawab akademis selaku Perguruan Tinggi Vokasi untuk memperkenalkan metode pembelajaran software Accurate Accounting versi 5 kepada para guru SMK.

Selain itu, jelas Ibrahim, dalam mempersiapkan siswa-siswi menghadapi Uji Kompetensi Akuntansi (UKA), dalam sistem pengujian observasi praktek Akuntansi Komputer dapat menggunakan Software Accurate Accounting.

“Hasil pelatihan Accurate Accounting  dapat meningkatkan kompetensi guru dan siswa-siswi SMK jurusan Akuntansi, agar mereka siap bekerja baik di unit-unit usaha Koperasi, UMKM dan perusahan besar khususnya yang berada di Kutai Timur dan Kalimantan Timur pada umumnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Sangatta Utara, Supriyadi, S.Pd menyambut gembira atas kegiatan tersebut dan berterima kasih kepada Jurusan Akuntansi POLNES beserta Tim yang telah memberikan pelatihan ini.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat dalam mempersiapkan SDM para Guru Bidang Akuntansi dalam menghadapi Era Digitalisasi proses pembukuan. Dengan demikian akan berdampak pula terhadap peningkatan kompetensi siswa sebagai bekal siap kerja dan melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi,” ujar Supriyadi.

Acara pengabdian yang dirangkai dengan penandatangan MoU antara beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Kutai timur. Beberapa sekolah tersebut yaitu SMKN 1 Sangatta Utara, SMK Islam Nurul Hikmah Sangatta Utara dan SMK Muhammadiyah Sangkulirang.

Acara ini turut dihadiri olehh Kepala sekolah SMKN 1 Sangatta Utara, Supriyadi, S.Pd, Kepala sekolah SMK Islam Nurul Hikmah Sangatta Utara, Akhmad Yamsi, S.P dan Kepala sekolah SMK Muhammadiyah Sangkulirang, Shabaruddin, S. Ag.(*/adv)

About Redaksi

Check Also

Pengabdian Desa melalui Pengembangan Kapasitas SDM Pokdarwis Mentari Bangun Rejo

Poskaltim.id, KUKAR — Kapasitas sumber daya manusia (SDM) digambarkan sebagai sebuah perangkat brainware dalam komputer …

One comment

  1. Semoga ilmunya bermanfaat untuk mencerdaskan anak bangsa.. Aamin..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *