Breaking News
Stunting
Suasana pembukaan peningkatan kapasitas KPM Berau untuk menurunkan stunting

DPMPD Kaltim bantu turunkan stunting di Berau

Tanjung Redeb, Poskaltim, — Dalam rangka meningkatkan kapasitas Kader Pembangunan Manusia (KPM) untuk mengoprasionalkan Aplikasi Elekronic Human Development Worker (EHDW) pendataan dan pelaporan penanganan stunting di desa/kampung, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Timur (DPMPD Kaltim) menggelar pelatihan untuk KPM Berau.

Pelatihan peningkatan kapasitas bagi KPM di Kabupaten Berau tersebut digelar di Ballroom Hotel Bumi Berau, Tanjung Redep, Senin-Rabu (20-22) Maret 2023.

Kepala Bidang Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosial Budaya Masyarakat DPMPD Kaltim Rosalinda, dalam kesempatan itu mengakatan bahwa saat ini persoalan stunting bukan hanya menjadi agenda pembangunan di daerah melainkan sudah menjadi isu nasional, sedangkan Berau menjadi salah satu kabupaten prioritas penanganan stunting.

“Stunting tidak hanya mengenai pertumbuhan anak yang terhambat, namun juga berkaitan dengan perkembangan otak yang kurang maksimal. Hal ini menyebabkan kemampuan mental dan belajar anak dibawah rata-rata, dan bisa berakibat pada prestasi sekolah yang buruk,” katanya.

Melalui pelatihan KPM saat ini, diharapkan mampu meningkatkan pendataan 1.000 HPK (Hari Pertama Kelahiran), leningkatan cakupan balita hadir ke posyandu untuk melakukan pengukuran pertumbuhan dan perkembangan balita, meningkatkan pencatatan dan pelaporan kasus balita stunting dalam aplikasi EHDW.

Setelah pelatihan ini diharapkan KPM segera dapat mengoperasionalkan aplikasi EHDW, sehingga aplikasi ini segera dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh KPM membantu pemerintah desa dalam upaya penanganan stunting di desa.

Aplikasi EHDW merupakan aplikasi seluler berbasis android sebagai alat bantu kerja KPM dalam melakukan pendataan sasaran rumah tangga pada 1.000 HPK, termasuk pemantauan lima paket layanan pencegahan stunting di desa.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 80 KPM yang berasal dari kampung se Kabupaten Berau, pelatihan KPM ini menghadirkan narasumber dari unsur Dinas PMD Kabupaten Berau, Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, Tenaga Ahli P3MD Provinsi Kaltim, dan Tenaga Ahli Kabupaten Berau.

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut adalah Kepala Bidang Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosial Budaya Masyarakat DPMD Kabupaten Berau dan OPD teknis Kabupaten Berau. (Galang/Adv)

About Redaksi

Check Also

Rancangan Grand Desain Pembangunan Kependudukan Untuk Merekayasa Kependudukan Di Daerah

Lensaborneo.con, Samarinda — Peraturan Presiden Nomor 153 Tahun 2014 tentang Grand Desain Pembangunan Kependudukan (GDPK) …

Bangganya PWI Kaltim Anggotanya Menerima Kalpataru

Poskaltim.id, Samarinda —  Ketua Gerakan Memungut Sehelai Sampah Sungai Karang Mumus (GMSS-SKM), Misman dikabarkan akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *