Breaking News

DPMPD Kaltim Ajak Penyandang Difabel Pelatihan Pemanfaatan TTG

Poskaltim.id, Tenggarong — Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Timur (DPMPD Kaltim) melaksanakan pelatihan dalam  peningkatan pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan di Kaltim melalui Teknologi Tepat Guna (TTG).

 Melalui Kegiatan Workshop Teknologi Tepat Guna (TTG), DPMPD membantu fasilitasi peningkatan pemberdayaan masyarakat difabel atau berketerbatasan khusus agar mahir dalam membatik.

 “Ini hal baru bagi DPMPD Kaltim memberdayakan masyarakat difabel agar tetap mampu berkarya di tengah keterbatasannya,”ujar Sekretaris DPMPD Provinsi Kaltim Eka Kurniati didampingi Kepala Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat, SDA, dan TTG,  Elvis saat meninjau pelaksanaan Workshop TTG, di Tenggarong, Kamis (3/11/2022).

Eka mengatakan Pemprov Kaltim melalui DPMPD memberikan perhatian khusus bagi masyarakat difabel sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Apalagi DPMPD Kaltim  dalam Visi Kaltim Berdaulat masuk dalam Visi I “Berdaulat Dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia yang Berakhlak Mulia dan Berdaya Saing, Terutama Perempuan, Pemuda dan Penyandang Disabilitas”.

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji memasangkan tanda peserta Pelatihan membatik dengan Teknologi Tepat Guna yang diselenggarakan oleh DPMPD Kaltim.

“Artinya pemberdayaan itu bukan hanya buat mereka yang normal, tapi juga harus diprioritaskan mereka yang memiliki keterbatasan khusus,”ujarnya.

 Workshop TTG Pelatihan Membatik diselenggarakan 30 Oktober –  7 November 2022 dengan diikuti 26 orang peserta yang 10 orang  diantaranya adalah  perwakilan difabel di Kaltim.

 Workshop TTG merupakan program kolaborasi DPMPD Kaltim dengan DPRD Kaltim melalui dukungan pendanaan dana pokok-pokok pikiran (Pokir) anggota dewan

 Dari pelatihan ini diharapkan penyandang disabilitas khususnya difabel dapat merasakan pelatihan untuk mengembangkan diri potensi mereka dalam berbagai hal, termasuk kemampuan membatik dan pelatihan lainnya.(adv/dpmpdkaltim)

 

 

 

About Redaksi

Check Also

ukuran kepiting ekspor

DPMPD Kaltim Genjot Produksi Kepiting melalui Pelatihan Pemanfaatan TTG

Poskaltim.id, Anggana, Kukar – Tingginya permintaan ekspor kepiting bakau dari beberapa negara tetangga, Pemerintah Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *