Breaking News

Disnakertrans Kaltim Gelar Pelatihan Kompetensi Tahap Pertama

Poskaltim.id, Balikpapan – Sebanyak 208 orang peserta mengikuti pelatihan kerja Berbasis Kompetensi Gelombang pertama tahun 2023 yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans).

Kegiatan yang dilaksanakan sejak pagi hingga sore hari ini berlangsung di gedung Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Kota Balikpapan, pada Senin (13/3/2023).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kaltim, Rozani Erawadi mengatakan, tujuan digelarnya pelatihan ini salah satunya dalam rangka kesiapan SDM Kaltim untuk menyambut Ibu Kota Negara (IKN).

Selain itu, pelatihan ini tentunya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia atau tenaga kerja lokal, khususnya di tingkat pelajar SMA maupun SMK. Sehingga pelatihan peningkatan kompetensi ini menjadi pekerjaan besar bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim saat ini.

“Tujuan pelatihan ini salah satunya dalam rangka kesiapan SDM Kaltim untuk menyambut IKN. Kan nanti mereka (peserta pelatihan) akan dapat sertifikat kompetensi,” ujar  Rozani.

Adapun jenis latihannya yaitu Mekanik Dasar Alat Berat, Plate Welder, Smaw 3G – UP/PF, Pengelolaan Administrasi, Perkantoran, Pengoperasian Mesin Bubut, Pemeliharaan,  Kendaraan ringan, Sistem Injeksi, Pemasangan Instalasi Listrik, Bangunan Sederhana, Teknisi Perawatan AC Residential, Pembuatan Roti dan Kue serta Pembudidayaan Sayuran Hidroponik.

“Kita berharap peserta bisa  memanfaatkan sebaik-baiknya karena merupakan warga yang  terseleksi yang jumlahnya sedikit dari jumlah yang pendaftar yang ada. Nantinya bisa untuk menambah pengalaman dalam berusaha dan bekerja,” ujarnya.(Sismiati/adv)

 

About Redaksi

Check Also

Pj. Gubernur Kaltim Akmal Malik Lepas Calon Haji Balikpapan

Poskaltim.id, Balikpapan — Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik resmi melepas keberangkatan calon haji (Calhaj) Balikpapan …

Akmal Malik panen Perdana Sumber Benih Padi

Poskaltim.id, Kutai Kartanegara —  Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik didampingi Kepala Dinas pangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *