DiskopUKM Kukar Fasilitasi Sertfikasi Halal UMKM

Poskaltim.id, Tenggarong  —  Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kutai Kartanegara (DiskopUKM Kukar) menyerahkan sebanyak 27 sertifikat halal kepada sejumlah UMKM.

Penyerahan sertifikat ini dilakukan dalam rangka memberikan rasa nyaman, aman, dan kepastian tentang ketersediaan produk halal kepada masyarakat.

DiskopUKM Kukar bekerjasama dengan Perkumpulan Wanita Islam (PWI) Kalimantan Timur menyerahkan sertifikat halal bagi para pelaku UMKM, bertempat di ruang serbaguna Dinas Koperasi dan UMKM Kukar, beberapa hari yang lalu.

Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kukar Topik mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan dan melakukan kerja sama dengan beberapa lembaga dari Universitas Mulawarman (Unmul), Universitas Islam Negeri, dengan Perkumpulan Wanita Indonesia (PWI) Kaltim.

Saat ini terdapat tiga lembaga untuk selaku pendamping halal, dan semua dilakukan untuk memberikan rasa aman, nyaman serta kepastian untuk pelaku UMKM tidak waswas dalam mendagangkan atau menjual produknya.

“Saat ini ada sekitar 27 sertifikat halal yang kami serahkan bagi pelaku UMKM, tentu kami juga berharap kepada kawan-kawan semua bisa menyosialisasikan kepada para pelaku UMKM dan segera membuat atau mendaftarkan produknya untuk bersertifikat halal” ujarnya.

Lebih lanjut Topik,  juga mengatakan keaktifan dari para pelaku UMKM, disamping pihaknya juga menyisir termasuk olahan-olahan makanan yang ada dalam program kegiatan di Dinas.

Topik juga berharap partisipasi aktif dari pelaku UMKM lainnya itu langsung menghubungi dan berkoordinasi dengan DiskopUKM yang nantinya akan langsung dikomunikasikan dengan pendamping sertifikasi halal

“Dan selanjutnya bagi yang sudah memiliki sertifikasi halal untuk menggunakan label dan barcode pada produknya, untuk lebih memberikan keyakinan kepada para konsumen bahwa ini barang yang halal seperti itu,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro,  Fathul Al Amin mengatakan bahwa pihaknya siap membantu dan memfasilitasi para UMKM untuk mendapatkan sertifikat halal.

Sementara Koordinator Lembaga Pendamping Produk Halal (LPH) Kaltim Mukmin mengatakan kegiatan sertifikasi halal ini adalah program pemerintah dan ini wajib untuk pelaku UMKM bahwa setiap produk makanan harus bersertifikasi halal.

“Karena kalau tidak ada sertifikat halal, maka kepercayaan masyarakat akan berkurang terhadap produk yang kita hasilkan,” jelasnya. (yul/adv/diskominfo-kukar)

About Redaksi

Check Also

Pemkab Kukar Berikan Bantuan Korban Kebakaran Loa Ipuh

Poskaltim.id, Kutai Kartanegara — Kelurahan Loa Ipuh Tenggarong selama sebulan terakhir telah mengalami dua kali …

Taekwondo Kukar Juara Umum di Tingkat Provinsi

Poskaltim.id. Kutai Kartanegara – Prestasi hebat ditorehkan oleh tim Taekwondo Kutai Kartanegara (Kukar) mendulang 9 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *