Breaking News

Dinas Pariwisata Optimis Bisa Sumbang PAD Dari Kunjungan Wisatawan

Poskaltim.id, Sangatta — Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Timur (Dispar Kutim) yakin sektor pariwisata dapat memberikan sumbangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) atas kunjungan wisatawan.

Berbagai program pengembangan pariwisata dilakukan, mulai dari pembangunan fisik untuk melengkapi sarana prasarana pendukung serta memberikan pelatihan berupa bimbingan teknis kepada pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Timur,  Nurullah menjelaskan kondisi pariwisata saat ini sebenarnya sudah mampu menyumbang Pendapat Asli Daerah (PAD), namun nilainya masih kecil. Sehingga, Pemkab terus berupaya agar bisa menyumbang PAD dengan nilai yang besar.

“Sebenarnya memang sudah bisa menyumbang PAD, tapi belum besar. Nah itu yang menjadi PR kami bagaimana bisa menyumbang PAD dengan nilai yang besar,” ucapnya baru-baru ini.

Nurullah menjelaskan nilai penyumbang PAD bisa meningkat atau jauh lebih besar, jika pengembangan sektor pariwisata bisa terjadi. Misalnya, pembangunan sarana prasarana di destinasi wisata bisa merata, kemudian dampaknya kunjungan wisatawan bisa meningkat, diikuti dengan kegiatan promosi yang gencar dan lain sebagainya.

Jika hal itu bisa berjalan seiring dan seirama, secara tidak langsung angka PAD yang disumbangkan dari sektor Pariwisata akan meningkat drastis.

Ia menambahkan, untuk mengembangkan sektor pariwisata di Kabupaten Kutai Timur membutuhkan peran serta dan dukungan dari semua pihak, termasuk dari masyarakat.

“Target kita itu memang untuk pengembangan wisata itu dimulai dari pembangunan sarana dan prasarana, promosi, peningkatan kualitas SDM dan lain sebagainya,” ujarnya.(Iya/Adv/Diskominfo-Kutim)

About Redaksi

Check Also

Anggaran Pendidikan 2024 Meningkat, Disdikbud Kutim Fokus Peningkatan Kualitas

Poskaltim.id, Sangatta – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Mulyono menyebut, peningkatan …

Berikan Perhatian Lebih, Pemkab Kutai Timur Ingin Kualitas Pendidikan Meningkat

Poskaltim.id, Sangatta — Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) mengalokasikan anggaran untuk meningkatkan sektor pendidikan. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *