Breaking News

Desa Wisata Sumber Sari Gelar Pelatihan Olahan Keripik Sayuran

Poskaltim.id, Kukar – Warga Desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, yang tergabung dalam Program  Kesejahteraan Keluarga (PKK) diberikan pelatihan membuat keripik dari bahan sayuran, bertempat di Ruang Balai Pertemuan Umum Desa Sumber Sari, pada medio Juli 2022.

Pelatihan yang di inisiasi oleh beberapa akademisi, termasuk Jurusan Politeknik Negeri Samarinda (POLNES) ini diharapkan dapat mendukung potensi obyek wisata desa yang telah dikelola beberapa tahun terakhir. Desa Sumber Sari yang merupakan penghasil sayuran diharapkan dapat memiliki produk unggulan dari turunan bahan-bahan yang melimpah di desa.

Produk yang diajarkan dalam pelatihan yaitu Keripik Daun SawiHijau  dan Stik Daun Kelor karena dinilai lebih memiliki pasar yang luas dan dapat menjadi buah tangan ketika berkunjung ke Desa wisata Sumber Sari. Desa ini melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) telah mencanangkan desa mereka sebagai desa wisata khusus edukasi pertanian.

Ketua PKK Desa Sumber Sari, Wantini mengatakan dengan pelatihan ini diharapkan para anggota PKK Desa Sumber Sari memiliki keterampilan yang dapat diajarkan kembali kepada warga lainnya.

Akademisi yang turut menjadi pendamping Desa Wisata Sumber Sari, Dini Zulfiani berharap olahan keripik sayuran produksi anggota PKK dan Pokdarwis ini dapat menjadi buah tangan ketika ada tamu dan wisatawan yang berkunjung ke desa wisata Sumber Sari.

Sementara itu, Pendamping Desa Wisata Sumber Sari, Dini Zulfiani mengatakan pelatihan keterampilan membuat produk olahan sayuran ini diharapkan dapat menjadi pendukung desa agrowisata yang telah ada.

“Nantinya pengunjung atau wisatawan yang datang ke Desa Sumber Sari, dapat membawa pulang tidak saja sayuran segar tetapi juga buah tangan berupa produk sayuran olahan ini,” jelasnya.

Dini mengakui pelatihan ini adalah pelatihan awal  yang akan dilanjutkan pada pelatihan-pelatihan produk olahan lainnya yang memenuhi standar jual baik dari sisi kemasan, kesehatan pangan maupun standar pengolahan seperti pada rasa maupun kandungan gizi yang terdapat dalam produk olahan tersebut.

“Kami dari akademisi akan terus meningkatkan program pelatihan ini agar produk olahan yang dihasilkan dapat memenuhi beberapa standar yang baik untuk dapat dipasarkan secara luas baik di daerah maupun ke luar Kaltim,”harap Dini.

Desa Sumber Sari di Kecamatan Loa Kulu ini selain memiliki wisata berbasis edukasi dan kemasyarakatan, juga memiliki beberapa potensi lainnya yaitu merupakan  produsen pangan seperti padi dan palawija, aneka jenis sayur-mayur dan beberapa jenis buah-buahan yang melimpah.

Masyarakat Desa Sumber Sari giat menanam singkong gajah, aneka sayur seperti sawi, bawang kucai, bawang prei, bayam, kangkung hingga jagung dan padi-padian. Bahkan beberapa kelompok masyarakat juga membudidayakan madu kelulut sebagai usaha sampingan keluarga.

Selain itu, desa yang berada di Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara ini juga  memiliki destinasi wisata yang tidak saja mengandalkan  agrowisata tetapi juga wisata alam Puncak Bukit Biru yang indah.(Editor : Erni Dia Lestari)

 

 

 

 

 

 

 

About Redaksi

Check Also

Potensi Pariwisata Maritim Berau Ditawarkan di Regional Investment Forum

Poskaltim.id, Bali – Sektor pariwisata yang dimiliki oleh Provinsi Kalimantan Timur sangatlah eksotis. Pariwisata minat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *