Breaking News

Budidaya Tanaman Serai dengan Aplikasi Teknologi Tepat Guna

Poskaltim.id, Tenggarong — Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Timur (DPMPD Kaltim) terus berkomitmen mengenalkan dan mengembangkan potensi masyarakat melalui Teknologi Tepat Guna (TTG). Seperti yang telah dilaksanakan yaitu Pelatihan Teknologi Tepat Guna (TTG) Budidaya Serai Terintegrasi.

 Workshop ini dibuka secara resmi oleh Ketua Panitia yang juga Kabid Usaha Ekonomi Masyarakat, Sumber Daya Alam, Teknologi Tepat Guna DPMPD Provinsi Kaltim, Elvis, pada Senin, (29 Oktober 2022) di Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dalam sambutannya, Elvis mengatakan pelaksanaan kegiatan Workshop Teknologi Tepat Guna (TTG) ini merupakan rangkaian kegiatan pelatihan yang dilaksanakan seperti pelatihan membatik, latihan pengelasan dan lain-lain termasuk budidaya tanaman serai.

“Semoga saja workshop ini dapat diikuti secara menyeluruh oleh seluruh peserta hingga akhir acara. Diharapkan dari pelatihan ini akan memberikan  manfaat khususnya memberikan Informasi  dan wawasan tentang Teknologi Tepat Guna dalam budidaya tanaman serai,” ujar Elvis.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kaltim, Seno Aji menyambut baik pelatihan oleh DPMPD Kaltim yang terus menerus menyebarluaskan teknologi tepat guna kepada masyarakat.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan daya saing, nilai tambah, produktivitas dan pemberdayaan masyarakat pada tanaman serai. Melalui kegiatan ini diharapkan  bisa untuk  menambah pengetahuan serta keterampilan bagi peserta dan juga diharapkan dapat memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDM) di daerah masing-masing.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltim, Seno Aji juga telah menyampaikan kepada pemerintahan desa untuk terus melakukan monitoring kedepannya, agar para petani dan peserta yang mengikuti pelatihan ini dapat terus berlanjut.

Di pelatihan ini juga mengajarkan cara menanam, memanen, dan pengelolaan pasca panen. Selain itu peserta juga dibekali dengan cara pemotongan dengan alat permesinan yang tepat.

“Itu akan diaplikasikan ke petani serai. Potensi yang bagus untuk menanam serai Kaltim yaitu berada di Kabupaten Mahakam Ulu dan Kutai Kartanegara  karena kondisi tanahnya sesuai. Targetnya tahun 2023 ke 2024 para peserta TTG ini sudah bisa mandiri, sudah memiliki usaha dan pemasaran yang bagus,” harap  Seno Aji mengakhiri wawancara.(adv/dpmpdkaltim)

About Redaksi

Check Also

ukuran kepiting ekspor

DPMPD Kaltim Genjot Produksi Kepiting melalui Pelatihan Pemanfaatan TTG

Poskaltim.id, Anggana, Kukar – Tingginya permintaan ekspor kepiting bakau dari beberapa negara tetangga, Pemerintah Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *