Bangun Polres Khusus IKN, Presiden Jokowi : Jadi Contoh Bangunan Polres Kota Lain

Poskaltim.id, Sepaku — Kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke Kaltim dalam rangka peninjauan pengembangan dan pembangunan kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), termasuk melakukan groundbreaking Polres Khusus IKN, di Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU), Kamis 21 Desember 2023.

Menurut Presiden Jokowi, Polres khusus akan dibangun sekitar 9 bulan dengan anggaran sebesar Rp160 miliar.

Polres Khusus di IKN ini, Jokowi berpesan gedungnya yang khusus didesain green screen warna hijau.

“Saya minta untuk desain Polresnya juga sedikit dikoreksi. Mumpung pembangunan baru awal, agar muncul ini disampaikan oleh Kapolri bahwa ada CCTV di semua sudut,” ucapnya.

“Selain itu, ada command centernya dan akan ada analisis,” sambungnya.

Untuk itu, Jokowi minta sejak awal disiapkan dan direncanakan sekalian ini akan dijadikan contoh. Bahwa, Ibu Kota Nusantara adalah ibu kota yang aman dan tidak ada kejahatan yang berkaitan dengan kriminalitas, utamanya menjaga dan melindungi warga IKN.

“Sehingga nanti dijadikan contoh untuk kota-kota yang lainnya, termasuk organisasinya harus betul-betul disiapkan secara khusus,” pinta Jokowi.

Polres ini akan diperkuat kurang lebih 750 personil yang wilayah kerjanya meliputi 6 Polsek.

Presiden Jokowi merasa senang, bahwa personilnya sudah ditempatkan dan disiapkan Polda Kaltim melalui jajaran Polres se Kaltim.

Keberadaan Polres di IKN ini diharapkan akan meningkatkan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat, memperkuat tindakan hukum, meningkatkan stabilitas dan keamanan di wilayah IKN.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, pembangunan Polres Khusus IKN dibangun di lahan seluas 12 hektar dengan luas bangunan 6.189 M2 terdiri empat lantai.

“Dengan alokasi anggaran Rp155 miliar. Perkiraan pengerjaan fisik selama 8-9 bulan, dan saat ini status tanah adalah aset dalam penguasaan (ADP) OIKN,” sebutnya.

Polres khusus ini juga akan memberikan pelayanan kepolisian pada 6 kecamatan yaitu kawasan KIPP Kecamatan Sepaku, Loa Kulu, Loa Janan, Muara Jawa dan Samboja.

Kedepan Mabes Polri juga akan segera dibangun oleh Kementerian PUPR sesuai desain yang telah diajukan dan pembangunan akan dilaksanakan secara bertahap, pada tahun 2024 akan dibangun dua blok dari total tiga Blok.

Polri telah menyiapkan 700 personel organisme dan 708 personil yang akan mengisi Polres Khusus Kawasan IKN, dimana personil-personil telah melalui assessment di Polda Kaltim.

Penekanan tombol sirine menandai dimulainya groundbreaking Polres Khusus Kawasan IKN dilakukan oleh Presiden Jokowi didampingi Pj Gubernur Akmal Malik, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Hadir Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Mayjen TNI Rudy Saladin, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, Kepala Otorita IKN Bambang Sutantono, Mantan Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Forkopimda Kaltim, Pj Bupati PPU Makmur Marbun.(adpimprovkaltim)

About Redaksi

Check Also

Kejati Kaltim Amankan Rp 25 Triliun dari Proyek Strategis Selama 2023

Poskaltim.id, Samarinda — Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kaltim melalui bidang Intelijen di tahun 2023 melakukan Pengamanan …

BPK Kaltim Menilai Pimpinan dan Pejabat di Kaltim Memiliki Komitmen Menindaklanjuti Rekomendasi BPK

Poskaltim.id, Samarinda –  Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim)  mengadakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *